Learn

Pegadaian Digital

“Savers are losers” gitu salah satu slogan kebanggaan Robert Kiyosaki. Dan karena paham latar belakang slogan itu lewat buku-buku nya, aq berhasil mencerna tanpa menghakimi. Kusadari bahwa hidup Om Robert tidak sama dengan hidupku, maka kubuat sedikit modifikasi “Prinsip dan Cara menabung” ala mamijo

  • Tidak Menabung Rupiah di Bank

Mamijo tidak akan mengupas pengertian Inflasi dan mengapa Inflasi tidak boleh tidak terjadi. Tapi menurutku bunga bank tidak setimpal dengan biaya administrasi ditambah inflasi dan pajak-pajak lain (jika ada). Apalagi uang mamijo yang cuma receh ini, sungguh ku gak mau rugi nabung rupiah di bank, apalagi di bawah bantal. Bagaimana dengan nabung Dollar.. no comment! kucinta Indonesia. Titik.

  • Nabung harus sekarang

Sungguh kusadarai kelemahanku yaitu BOROS. Sering banget tiba-tiba ada “kebutuhan” yang mendadak, seperti pengen baju baru karena mau kondangan, mau beli mainan baru karena anak bosan mainan lama, pengen makan ini itu karena udah lama nggak makan ini itu. BOROS!!

Solusinya adalah.. abis gajian langsung nabung. SEKARANG!!

  • Nabung Harus mudah

Ya ampun, belanja online aja semudah jempol bergoyang, masa untuk urusan nabung masih ribet sih?!

Syukurlah Pegadaian sudah punya aplikasi yang memudahkan kita nabung. Bukan Rupiah tapi emas. Jadi prinsip simplenya adalah, kita beli emas dengan jumlah yang kita inginkan, semampu kita (min 50rb sih), tanpa harus datang ke pegadaian setiap saat.

Perhatian, memang ada riset yang memastikan harga Emas tidak selalu naik. Aku setuju, aq jg sudah liat grafiknya. Tapi yang penting buatku adalah paling enggak aq punya tabungan sehingga suatu saat dibutuhkan, aq punya.

Bagaimana dengan Nabung saham atau nabung aset properti berupa Rumah atau kos-kosan atau lainnya yang memberikan pasive income?! Silahkan diatur sendiri kapasitas keuangannya, kalau kalian paham tentang dunia per-saham-an, silahkan.. kalau kalian paham dunia properti, silahkan.. just don’t put your eggs in one basket, okay. Silahkan dipahami resikonya masing-masing.

Untuk bisa nabung emas di Pegadaian Digital, step by step nya seperti ini :

» Download aplikasi yang ada di playstore namanya : “Pegadaian Digital” offered by PT Pegadaian (Persero). Ya seperti aplikasi pada umumnya, kita disuruh registrasi pake email/no hp dan juga siapkan password

» Di’beranda’nya, silahkan pilih EMAS, lalu pilih DAFTAR REKENING. Disitu kamu diminta untuk isi data diri, siapkan aja KTP atau Passport. Setelah isi identidas , maka kamu akan diberikan nomor rekening. Kamu akan diminta untuk memilih lokasi Gerai Pegadaian terdekat yang paling mudah kamu datangi.

 

» Datang ke Gerai Pegadaian Terdekat.

Kamu harus kesitu untuk bisa memperoleh BUKU TABUNGAN. Tunjukan KTP, isi formulir dan tunjukkan aplikasi yg sudah didownload (bawa HP kamu maksudnya hehe). Bagaimanapun buku tabungan ini penting, sebagai bukti otentik kepemilikan emas di pegadaian. Buat nge-print tentu aja kamu harus datang ke gerai pegadaian pas awal buka, tapi enaknya kan ga perlu tiap nabung harus pergi ke pegadaian ya.. kalau aq sih udah 7 bulan nabung, baru sekali print buku (pe-MALAS), itupun adek ku yang ngeprint, entah gimana lah cara dia merayu petugas pegadaian hahaha

Sebelum meminta buku tabungan, kamu wajib transaksi awal di aplikasi. Kalau aku, karena awalnya coba-coba maka aku pilih transaksi paling minimal yaitu 100ribu plus biaya administrasi bank 2.500. Itu kita membeli emas 0.1118 gram.

Okay, we are good to go! Bagaimana malakukan transaksinya?

  1. Di beranda pilih EMAS lalu pilih BELI. Kamu bisa tentukan sendiri jumlah rupiahnya (minimal 50 ribu) atau bisa sebaliknya, kamu tentukan jumlah gram emasnya, tinggal klik icon panah reversal paling kanan. Contoh nya sekarang aq mau nabung 300ribu.

2. Pilih SELANJUTNYA, lalu kamu harus baca dengan teliti keterangan yang disajikan, jika benar, tinggal lanjutkan.

3. Pembayaran, Pegadaian telah bekerjasama dengan beberapa bank. Ada yang sudah berjalan, namun ada juga yang masih maintenance, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Silahkan pilih Bank yang sesuai dengan cara bayar favorite mu. Kalau aq pilih bank sesuai rekening gaji masuk, biar bisa nabung SEKARANG! ((baca : Segera setelah gajian))

4. Bayar Deh.. Perhatikan bahwa Pegadaian Digital memberi batas waktu pembayaran. Nomor Virtual akun nya tidak berubah, jadi bisa disimpan dalam daftar favorite mobile banking kamu. Kalau diperhatikan nomor virtual akun nya adalah nomor HP kita yang terdaftar di aplikasi ditambah kode tertentu.

Pada tahap ini, kamu akan menerima email dan notifikasi untuk mengingatkan nominal pembayarannya. setelah pembayaran berhasil, maka kamu terima email dan notifikasi lagi bahwa pembayaran berhasil.

Saldo emas akan ter-update pada Beranda. Aplikasinya user friendly koq, silahkan diexplore sendiri.

Emas kamu udah terkumpul banyak dan pengen dicetak? Kamu harus aktifkan transaksi financial di gerai pegadaian pas awal minta buku tabungan yaa.. klo udah banyak silahkan dicetak, gampang koq. ada biaya cetaknya ya.. ada cetakan emas Antam dan UBS. Biaya cetak Emas Antam cenderung lebih mahal.

Biaya cetak emas Antam

Biaya cetak emas UBS

Sorry aq belum bisa review lebih lanjut, soalnya belum pengen cetak, lagipula transaksi financial ku sengaja ga diaktifkan, biar ga gampang jual emasnya. Kan niatnya nabung jangka panjang (buat anak kuliah 15 thn lagi, wkwkwk).

Kenapa ada biaya cetak?! nah klo kita teliti, sebenarnya harga jual di aplikasi Pegadaian Digital lebih murah dibanding harga jual emas fisik di Antam atau UBS kalau kita beli nya receh ya. Kalau punya duit banyak ya mending beli langsung aja fisiknya di toko emas atau pegadaian atau datang langsung ke Antam nya. Prinsipnya kan nabung sedikit-sedikit jadi bukit, ga kerasa tapi ada. Ga ribet mesti luangkan waktu khusus ke toko emas atau Antam, jadi Nabung bisa SEKARANG!!

Semangat menabung wahai kamu yang BOROS dan MALAS ((seperti aku)). hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *